Untuk memastikan Asesmen Nasional berjalan dengan lancar tanpa kendala, proktor dan teknisi memastikan daftar pekerjaan proktor sebelum, saat, maupun setelah Asesmen Nasional berlangsung telah dilakukan dengan benar. Ceklis daftar pekerjaan proktor ini sekaligus menjadi kontrol prosedur persiapan dan pelaksanaan Asesmen Nasional. 


Apalagi bagi madrasah yang akan segera melaksanakan Asesmen Nasional. Dimana untuk jenjang Madrasah Aliyah, bersama dengan SMA sederajat akan menggelar Asesmen Nasional besok tanggal 27-30 September 2021. Disusun dengan jenjang Madrasah Tsanawiyah, bersama jenjang SMP sederajat yang menggelarnya pada 4-7 Oktober 2021.


Sedang untuk jenjang Madrasah Ibtidaiyah, bersama sekolah dasar akan dilaksanakan dalam dua gelombang yaitu 8-11 November 2021 (gelombang 1) dan 15-18 November 2021 (gelombang 2).

Ceklis Pekerjaan Proktor AN

Baca : Jadwal Asesmen Nasional 2021 Semua Jenjang


Ceklis Pekerjaan Proktor AN Moda Online


Untuk memastikan persiapan dan pelaksanaan Asesmen Nasional telah dilaksanakan sesuai dengan prosedur sebagaimana tertuang dalam POS Asesmen Nasional 2021, berikut ceklis pekerjaan proktor yang harus diperhatikan baik oleh proktor maupun teknisi AN bagi sekolah/madrasah yang menggunakan moda online (daring).


1. Tahap Persiapan

  1. Memastikan Instalasi Jaringan
  2. Memastikan koneksi internet stabil & dedicated untuk pelaksanaan asesmen (bandwith dengan rasio 12 Mbps/15 komputer klien)
  3. Memasang UPS Pada Modem/Router/Komputer Proktor
  4. Memastikan koneksi internet stabil & dedicated untuk pelaksanaan asesmen
  5. Memasang Proktor Browser Online pada Komputer Proktor
  6. Memasang Exambrowser Client pada Komputer Peserta
  7. Memastikan Komputer Proktor dan Komputer Peserta normal dan terbebas dari virus


2. Kegiatan Hari Pertama 

2.1. Sebelum Pelaksanaan Asesmen

  1. Memastikan koneksi internet stabil dan memadahi
  2. Menjalankan Proktor Browser Online pada Komputer Proktor
  3. Memasukkan ID Proktor dan Password
  4. Menyalakan Komputer Peserta, menjalankan Exambrowser Client, memastikan masuk laman login
  5. Mengedarkan Daftar Hadir Peserta (oleh pengawas) setiap sesinya


2.2. Saat Asesmen Berlangsung (Laksanakn di setiap sesi)

  1. Mengaktifkan Sesi di menu Status Tes
  2. Masuk Menu Kelompok Tes, kemudian pilih Assign All dan klik Save Changes, dan uncheck siswa yang belum hadir
  3. Rilis Token
  4. Memastikan seluruh peserta yang hadir berhasil login dan melaksanakan Asesmen
  5. Memastikan seluruh peserta yang hadir sudah menyelesaikan Asesmen (cek pada komputer proktor)
  6. Isi Berita Acara (BA), mencetak dan menandatangani


2.3. Setelah Asesmen

  1. Memindai (scan) Daftar Hadir dan Berita Acara (BA), dan mengunggah hasil pindai ke web ANBK

3. Kegiatan Hari Kedua

3.1. Sebelum Pelaksanaan Asesmen

  1. Memastikan koneksi internet stabil dan memadahi
  2. Menjalankan Proktor Browser Online pada Komputer Proktor
  3. Memasukkan ID Proktor dan Password
  4. Menyalakan Komputer Peserta, menjalankan Exambrowser Client, memastikan masuk laman login
  5. Mengedarkan Daftar Hadir Peserta (oleh pengawas) setiap sesinya


2.2. Saat Asesmen Berlangsung (Laksanakan di Setiap Sesi)

  1. Mengaktifkan Sesi di menu Status Tes
  2. Masuk Menu Kelompok Tes, kemudian pilih Assign All dan klik Save Changes, dan uncheck siswa yang belum hadir
  3. Rilis Token
  4. Memastikan seluruh peserta yang hadir berhasil login dan melaksanakan Asesmen
  5. Memastikan seluruh peserta yang hadir sudah menyelesaikan Asesmen (cek pada komputer proktor)
  6. Isi Berita Acara (BA), mencetak dan menandatangani


2.3. Setelah Asesmen

  1. Memindai (scan) Daftar Hadir dan Berita Acara (BA), dan mengunggah hasil pindai ke web ANBK


Ceklis Pekerjaan Proktor AN Moda Semionline


Bagi sekolah dan madrasah yang menggunakan moda semionline, berikut ceklis pekerjaan yang harus diperhatikan baik oleh proktor maupun teknisi AN.

1. Tahap Persiapan
  1. Memastikan Instalasi Jaringan
  2. Memasang UPS pada Komputer Proktor
  3. Memastikan koneksi internet stabil
  4. Instalasi VHD Fresh ANBK versi 13.0.0.1 dan Proktor Browser Semi Online pada Komputer Proktor
  5. Melakukan Pembaharuan/Patching dan Registrasi (Submit) ID Proktor sesuai petunjuk pada Web ANBK
  6. Melakukan Sinkronisasi Data sesuai petunjuk sinkronisasi pada web ANBK
  7. Copy VHD Hasil Sinkronisasi
  8. Memasang Transfer Respons (TR)
  9. Memasang Exambrowser Client pada Komputer Peserta
  10. Memastikan Komputer Proktor dan Komputer Peserta normal dan terbebas dari virus

2. Kegiatan Hari Pertama
2.1. Sebelum Pelaksanaan Asesmen
  1. Pastikan Flashdisk Transfer Respons (TR) masih terpasang dan aktif untuk sharing
  2. Menyalakan Komputer Proktor
  3. Menjalankan VM lewat Proktor Browser Semi Online
  4. Login CBT Sync dan memastikan status AKTIF
  5. Menyalakan Komputer Peserta, menjalankan Exambrowser Client, memastikan masuk laman login
  6. Mengedarkan Daftar Hadir Peserta (oleh pengawas) setiap sesinya

2.2. Saat Asesmen Berlangsung (Laksanakan di Setiap Sesi)
  1. Mengaktifkan Sesi di menu Status Tes
  2. Masuk Menu Kelompok Tes, kemudian pilih Assign All dan klik Save Changes, dan uncheck siswa yang belum hadir
  3. Rilis Token
  4. Memastikan seluruh peserta yang hadir berhasil login dan melaksanakan Asesmen
  5. Memastikan seluruh peserta yang hadir sudah menyelesaikan Asesmen (cek pada komputer proktor)
  6. Upload hasil peserta dan memastikan seluruh hasil jawaban peserta berhasil terupload
  7. Cetak Laporan pelaksanaan dan menandatangani
  8. Isi Berita Acara (BA), mencetak dan menandatangani
  9. Backup data (source), simpan ke Flashdisk / HDD Eksternal

2.3. Setelah Asesmen
  1. Copy VHD hasil Asesmen, dan backup (.source) ke HDD Eksternal
  2. ZIP File hasil Transfer Respons (TR) dan memindahkan ke HDD Eksternal
  3. Memindai (scan) Daftar Hadir dan Berita Acara (BA), dan mengunggah hasil pindai ke web ANBK

3. Kegiatan Hari Kedua
3.1. Sebelum Pelaksanaan Asesmen
  1. Pastikan Flashdisk Transfer Respons (TR) masih terpasang dan aktif untuk sharing
  2. Menyalakan Komputer Proktor
  3. Menjalankan VM lewat Proktor Browser Semi Online
  4. Login CBT Sync dan memastikan status AKTIF
  5. Menyalakan Komputer Peserta, menjalankan Exambrowser Client, memastikan masuk laman login
  6. Mengedarkan Daftar Hadir Peserta (oleh pengawas) setiap sesinya

3.2. Saat Asesmen Berlangsung (Laksanakan di Setiap Sesi)
  1. Mengaktifkan Sesi di menu Status Tes
  2. Masuk Menu Kelompok Tes, kemudian pilih Assign All dan klik Save Changes, dan uncheck siswa yang belum hadir
  3. Rilis Token
  4. Memastikan seluruh peserta yang hadir berhasil login dan melaksanakan Asesmen
  5. Memastikan seluruh peserta yang hadir sudah menyelesaikan Asesmen (cek pada komputer proktor)
  6. Upload hasil peserta dan memastikan seluruh hasil jawaban peserta berhasil terupload
  7. Cetak Laporan pelaksanaan dan menandatangani
  8. Isi Berita Acara (BA), mencetak dan menandatangani
  9. Backup data (source), simpan ke Flashdisk / HDD Eksternal

3.3. Setelah Asesmen
  1. Copy VHD hasil Asesmen, dan backup (.source) ke HDD Eksternal
  2. ZIP File hasil Transfer Respons (TR) dan memindahkan ke HDD Eksternal
  3. Memindai (scan) Daftar Hadir dan Berita Acara (BA), dan mengunggah hasil pindai ke web ANBK

Ceklis dalam format PDF dapat diunduh melalui tombol di bawah ini.


Dengan daftar pekerjaan proktor sebelum, saat, dan setelah pelaksanaan AN ini membantu persiapan dan pelaksanaan Asesmen Nasional agar berlangsung sesuai dengan prosedur yang telah ditetapkan lewat POS AN maupun Juknis Pelaksanaan AN.


from Ayo Madrasah https://ift.tt/3u4yRzC
via IFTTT

Post a Comment

Previous Post Next Post