Artikel 9 Kasus dan Solusi Gagal Registrasi Akun Kepala Madrasah di layanan Emis Baru ini merupakan daftar kasus dan kendala yang mengakibatkan gagal registrasi, verifikasi, maupun login ke akun Kepala Madrasah. Tentunya disertai solusi dan jalan keluar atas permasalahan tersebut.


Sebagaimana dikutip dari Ayo Madrasah terdahulu, setiap madrasah wajib mendaftarkan akun emis untuk Kepala Madrasah masing-masing. Hal ini tertuang dalam surat edaran Dirjen Pendis Nomor B-602/DJ.I/OT.01.3/03/2021 tertanggal 1 Maret 2021 yang kemudian dipertegas kembali dengan surat bernomor B-636/DJ.I/OT.01.3/03/2021 tertanggal 4 Maret 2021.


Namun dalam pelaksanaannya ternyata tidak sedikit madrasah yang mengalami kendala dan kegagalan saat melakukan registrasi dan aktivasi akun kamad tersebut.


Solusi Gagal Registrasi Kamad


Berikut ini adalah daftar kasus, kendala, dan permasalahan yang Ayo Madrasah himpun dari berbagai sumber. Tentunya masing-masing kendala disertai dengan solusi dan cara mengatasinya.


Sedang terkait dengan tata cara dan langkah-langkah melakukan registrasi akun Kamad, sila baca artikel Ayo Madrasah sebelumnya, Cara Registrasi Akun Emis untuk Kepala Madrasah


1. Kode Registrasi Tidak Muncul di Dashboard


Kode registrasi ini terdiri atas 10 digit kombinasi huruf dan angka. Kode registrasi dapat ditemukan di dashboard emis dengan login menggunakan akun operator (staf lembaga), atau login dengan akun emis seperti biasanya, tetapi di laman Emis Baru (https://ift.tt/3uHfooI)


Pada beberapa kasus, terdapat madrasah yang tidak mendapatkan kode ini.


Solusinya, madrasah silakan mengisi form bantuan Helpdesk Emis 4.0 di alamat: https://bit.ly/HelpdeskEMIS


Setelahnya tunggu balasan dari Tim Helpdesk Emis atau lakukan pemeriksaan secara berkala di dashboard emis, apakah Kode registrasi sudah muncul atau belum.


Baca : Bagi Madrasah yang Bermasalah di Emis Baru


2. Cek Kembali NIK dan Password


Saat melakukan registrasi, setelah memasukkan NIK dan Kode Registrasi lalu mengklik tombol login muncul kotak notifikasi "Login gagal. Silakan cek kembali NIK dan Password Anda"


Gagal Registrasi Cek NIK


Solusi atas kendala ini adalah:

  1. Buka dashboar Emis Baru (https://ift.tt/3uHfooI) dengan akun operator, pastikan Kode Registrasi sudah benar
  2. Buka Emis Lama (https://ift.tt/2PGWyee) cek pada menu Kelembagaan >> Profil lembaga >> Kepala Madrasah. Apakah Data Kepala Madrasah sudah terisi dan benar. Jika kosong atau salah hubungi admin kab/kota agar didaftarkan.
  3. Buka Emis Lama pada menu GTK >> Klik Detail pada nama GTK yang menjabat sebagai Kamad hingga terbuka "Informasi pribadi" PTK tersebut. Cek apakah NIK (Nomor KTP) yang tertulis sudah benar. Jika terdapat perbedaan, gunakan NIK yang tertulis di Info Pribadi tersebut saja.



3. Maaf, data sudah diverifikasi


Maaf data sudah diverifikasi

Saat memasukkan registrasi, setelah memasukkan NIK dan Kode Registrasi lalu mengklik tombol login, muncul keterangan, "Maaf, data sudah diverifikasi silahkan login menggunakan email & password yang sudah di daftarkan"

Ini artinya, sebelumnya telah dilakukan proses registrasi dan berhasil.

Silakan langsung login dengan menggunakan email dan password yang telah didaftarkan. Jika lupa email yang digunakan, sila hubungi admin Kab/Kota agar dicek dalam dashboard Kab/Kota email apa yang digunakan.

Terkait passwordnya, jika tidak ingat, bisa dengan mengklik tulisan "Lupa Password" di bawah login lalu ikuti langkah-langkah yang akan diuraikan di poin ke-9 artikel ini.

4. Email Sudah Pernah Digunakan

Email sudah digunakan

Berhasil melakukan registrasi tahap awal, tetapi ketika muncul halaman Konfirmasi Data Lembaga, dimana harus memasukkan email milik Kamad dan password yang dipilih, muncul kendala.

Kendalanya yaitu ketika mengetikkan email, muncul keterangan "Gagal memperbaharui data. Email sudah pernah digunakan".

Ketika dipaksakan untuk lanjut, proses registrasi tidak berhasil.

Solusinya:
  1. Ingat-ingat kembali apakah email tersebut pernah didaftarkan dalam layanan Emis. Jika sudah pernah, sila ganti dengan email lainnya.
  2. Cek di inbox dan spam email tersebut apakah sudah ada email "Emis Notification" atau belum. Jika ada sila lanjutkan proses registrasi dengan mengklik link verifikasi yang terdapat di dalamnya.
  3. Jika sudah didaftarkan tetapi tidak mendapatkan kiriman email verifikasi, silakan baca kasus ke-6.
  4. Untuk memastikan, dapat juga menghubungi admin Kab/Kota untuk mengecek status registrasi apakah email tersebut sudah digunakan atau tidak. Sayangnya belum ada menu reset akun di sana.
  5. Jika masih terkendala, ganti saja dengan menggunakan email lainnya

5. Tombol "Selengkapnya" Tidak Aktif

Saat melakukan input email dan password ketika registrasi akun Kamad, tombol "Selengkapnya" tidak mau berwarna biru (tidak aktif) dan tidak bisa diklik.

Hal ini terjadi karena ada kesalahan dalam pengisian email maupun password. Kesalahan ditandai dengan keterangan berwarna merah di bagian bawah kolom tersebut. 

Jika di bawah kolom email, tertulis "Email sudah pernah digunakan", silakan baca kasus ke-4
Jika di bawah kolom password atau konfirmasi password tertulis pesan merah betuliskan "Password: Weak" atau "Password: Fair" berarti password yang diisikan belum memenuhi syarat. Syarat password yang digunakan adalah:
  • Terdiri atas sedikitnya 8 karakter
  • Salah satunya (atau lebih) harus huruf besar
  • Salah satunya (atau lebih) harus huruf kecil
  • Salah satunya (atau lebih) harus angka
  • Salah satunya (atau lebih) harus karakter simbol (!@#$&*-, dll)
Password yang benar dan memenuhi syarat akan ditandai dengan munculnya tulisan "Password: Strong" di bawah kolom isian.

6. Tidak Mendapat Email Verifikasi

Salah satu permasalahan yang paling sering terjadi adalah tidak mendapatkan email verifikasi meski telah berhasil melakukan registrasi. Padahal dalam email verifikasi akan terdapat link yang harus diklik untuk mengaktifkan akun Kepala Madrasah.

Operator telah mengisi email, password, konfirmasi password, lalu mengklik tombol "Selengkapnya". Setelahnya muncul notifikasi "Data login Anda berhasil diperbaharui. Selanjutnya kami akan menghirimkan link verifikasi email. Segera cek email anda di folder inbox / spam untuk melakukan verifikasi"

Namun ketika diceka di email (baik di folder inbox maupun spam) tidak ditemukan email tersebut. Email verifikasi ini biasanya dikirimkan beberapa saat langsung di email yang didaftarkan.

Beberapa solusi yang dapat dicoba dalam permasalahan antara lain:
  • Cek di kotak Spam email. Sebagian besar operator melaporkan bahwa email berisikan link konfirmasi tersebut masuk tidak masuk ke kotak inbox melainkan justru ke kotak spam.
  • Biasanya email terkirim seketika (dalam hitungan detik) namun dalam beberapa
  •  kasus, email memerlukan waktu hingga beberapa jam.
  • Buka di browser komputer atau laptop dengan menggunakan "Versi HTML Biasa", caranya:
    • Refresh halaman email
    • Saat loading, klik tulisan "Muat HTML Biasa (untuk koneksi lambat)
    • Atau jika menggunakan gmail, gunakan tautan berikut, https://ift.tt/3c32EjC lalu pilih "Saya ingin menggunakan HTML Gmail"

      Buka HTML Biasa

  • Jika tidak mendapatkan email verifikasi, gunakan fitur "Resend Email"
  • Jika tidak mendapatkan juga coba lakukan registrasi ulang dengan email yang sama setelah beberapa jam.
  • Jika masih tidak berhasil mendapatkan kiriman email verifikasi, ulangi registrasi dengan menggunakan email yang lain.

7. Sudah Verifikasi Tapi Tidak Bisa Login

Telah mendapatkan email verifikasi dan sudah diklik tetapi ketika dicoba login dengan menggunakan email dan password Kamad yang didaftarkan tadi, tetap tidak bisa login. Muncul keterangan "Login gagal. Silakan cek kembali email dan password anda."

Ada dua penyebab. Pertama, proses verifikasi belum berhasil.

Saat mengklik link yang disertakan dalam email verifikasi browser sudah terbuka tetapi tidak menampilkan halaman emais dengan gambar sepasang siswa menangkupkan tangan dengan keterangan proses registrasi berhasil dan diminta untuk login. Justru yang muncul adalah langsung halaman login emis atau halaman registrasi kembali.

Jika mengalami seperti ini buka kembali email verifikasi, silakan coba:
  1. Klik tombol "Verifikasi Email Sekarang" yang berwarna biru. Jika terbuka halaman bergambar sepasang siswa menangkupkan tangan berarti verifikasi berhasil.
  2. Jika masih tidak, coba klik tulisan link panjang berwarna biru "https://ift.tt/2PBddTj terbuka halaman bergambar sepasang siswa menangkupkan tangan berarti verifikasi berhasil.
  3. Jika masih gagal, coba copy link lalu buka tab baru dan pastekan di url address browser dan klik enter
  4. Jika masih gagal juga, sebelum langkah ke-3 di atas, bersihkan dulu cache browser
  5. Atau copy link (seperti langkah ke-3), lalu buka browser lain (contoh, jika biasanya membuka emis dengan chrome silakan buka firefox atau edge) pastekan link tadi di url address browser.
Email verifikasi registrasi emis

Penyebab kedua, email atau password yang dimasukkan salah. Cek kembali email dan password.

8. Tidak Bisa Mengakses Email yang Didaftarkan

Kasus berikutnya adalah email yang didaftarkan ternyata tidak bisa diakses. Bisa jadi karena salah penulisan atau karena lupa password email tersebut. Intinya email tidak dapat dibuka sehingga tidak dapat membuka kiriman verifikasi.

Agar tidak terjadi hal yang semacam itu, sebelum melakukan registrasi, pastikan terlebih dahulu bahwa email masih aktif dan dapat dibuka.

Jika sudah terlanjur melakukan registrasi dan baru mengetahui kalau email tidak aktif atau tidak bisa dibuka, silakan lakukan registrasi ulang dengan menggunakan email yang lain.

9. Lupa Password

Kendala lainnya adalah lupa password. 
  1. Pastikan proses registrasi dan verifikasi telah berhasil
  2. Buka laman login Emis Baru
  3. Klik tombol "Lupa Password"
  4. Muncul kotak notifikasi, isikan email yang digunakan login
  5. Klik captcha
  6. Klik "selanjutnya"
  7. Kode verifikasi akan terkirim ke email. Pada tab yang buka email Anda. Cari email dari "Emis Notification" dengan subject "Forgot Password". Kode berupa kombinasi huruf dan angka 6 digit.
  8. Pada tab emis tadi akan muncul halaman verifikasi.
  9. Masukkan kode verifikasi yang dikirim ke email tadi ke dalam kolom Kode Verifikasi
  10. Jika tidak menemukan kiriman email, klik tulisan "Kirim Ulang"
  11. Kode verifikasi yang dikirimkan hanya berlaku selama 5 menit
  12. Jika sudah, ketikkan passwoard pada kolom Password Baru dan Konfirmasi Password
  13. Password harus memenuhi syarat: terdiri minimal 8 karakter yang terdiri kombinasi atas huruf besar, huruf kecil, angka, dan simbol. Password yang memenuhi syarat ditandai dengan tulisan "Password: Strong" di bawah kolom isian.
  14. Klik SIMPAN
  15. Muncul kotak notifikasi "Data sudah benar?", klik YA
  16. Perubahan passord berhasil ditandai dengan munculnya kotak "Password Berhasil diubah. Login sekarang"
  17. Klik "Login Sekarang" untuk menuju halaman login Emis 4.0

9 kasus beserta solusi di atas bisa jadi belum keseluruhan kendala yang dihadapi saat melakukan registrasi akun Kepala Madrasah. Pun langkah-langkah solusi yang harus dilakukan tidaklah sesimple dan semudah sebagaimana tertulis dalam artikel ini.

Namun tentunya dengan tekad dan semangat para operator emis dan Kepala Madrasah, apapun kendala, problem, maupun kasus dalam gagal registrasi akun Kamad akan dapat diselesaikan dengan tuntas.



from Ayo Madrasah https://ift.tt/3bsie9z
via IFTTT

Post a Comment

أحدث أقدم