Berikut ini adalah berkas Buku SMK Dukung Sumber Daya Manusia (SDM) "Tol Langit". Buku ini diterbitkan oleh Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan  Menengah Kementerian Pendidikan dan  Kebudayaan. Download file format PDF.

Buku SMK Dukung Sumber Daya Manusia "Tol Langit"
Buku SMK Dukung Sumber Daya Manusia "Tol Langit"

Buku SMK Dukung Sumber Daya Manusia "Tol Langit"

Berikut ini kutipan teks/keterangan dari isi berkas Buku SMK Dukung Sumber Daya Manusia  (SDM) "Tol Langit":

Ketentuan Pendidikan diatur sejak lama dalam Undang-Undang Dasar (UUD) 1945. Tepatnya terdapat pada Pasal 31 yang kemudian mengalami beberapa kali amandemen. Jika ketentuan UUD 1945 dicermati --baik sebelum amandemen maupun setelah amandemen-- maka mendapatkan pendidikan merupakan hak asasi bagi setiap warga Indonesia sekaligus merupakan kewajiban yang harus dijalankan oleh pemerintah. Sebaliknya, menghalangi dan melarang anak Indonesia untuk bersekolah adalah perbuatan yang melanggar hukum tertinggi (UUD 1945) dan ada sanksinya.

Salah satu yang diamanatkan dalam Pembukaan Undang-Undang Dasar (UUD) 1945 adalah mencerdaskan kehidupan bangsa. Untuk mewujudkan ikhtiar tersebut, UUD 1945 Pasal 31 ayat (1) menyatakan bahwa: "Setiap warga negara berhak mendapat pendidikan". Ketentuan dalam ayat (1) tersebut menegaskan kewajiban pemerintah untuk menyediakan akses seluas-luasnya bagi seluruh masyarakat Indonesia. Tidak hanya sebatas akses namun juga kualitas pendidikan guna mewujudkan masyarakat Indonesia yang berdaya saing tinggi juga terus menjadi prioritas.

Pemerintah juga menerbitkan Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 9 Tahun 2016 Tentang Revitalisasi SMK. Hal ini dilakukan pemerintah utamanya untuk meningkatkan daya saing Sumber di dunia usaha dan dunia industri (DUDI) diaharapkan semakin baik dan meningkat.

Teknologi informasi yang berkembang pesat menuntut Indonesia harus cepat beradaptasi terhadap tuntutan percepatan dan perubahan zaman. Tidak berhenti sampai di situ menyongsong revolusi industri 4.0 industri sudah harus efisiensi dengan memilih tenaga kerja terbaik untuk meningkatkan produktifitas dan kualitas hasil industri. Dalam arti kehadiran tenaga asing dan modernisasi/otomasi dalam rangka memperkuat industri yang ada di Indonesia tidak bisa dipungkiri. Dengan demikian berbagai perbaikan dan perubahan untuk penyempurnaan kurikulum SMK terus dilakukan. Saat ini kurikulum SMK sudah sangat fleksibel dan dapat dikembangkan sedemikian rupa sesuai dengan tuntutan/keinginan dunia usaha dan dunia industri.

Program link and match dengan DUDI diperkuat, termasuk didalamnya penguatan pendidikan dengan masuknya revolusi industri 4.0. Dimana sejak beberapa tahun terakhir SMK memang sudah diperkenalkan pendidikan berbasis TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi). Dengan demikian SMK sudah ikut membantu dunia usaha dan industri yang sudah mengikuti era revolusi 4.0 yang penekanannya pada penggunaan internet of Thing (IoT) Cloud dan lainnya.

Berkaitan dengan hal itu Direktorat Pembinaan SMK sangat mendukung penerbitan buku “SMK Dukung SDM TOL Langit” dengan harapan dapat mendukung keberhasilan pengembangan pendidikan vokasi di Indonesia dan sebagai katalisator dalam penguatan dan peningkatan kualitas lulusan SMK yang tersebar di seluruh Indonesia.

Download Buku SMK Dukung Sumber Daya Manusia "Tol Langit"

Selengkapnya mengenai susunan dan isi berkas Buku SMK Dukung Sumber Daya Manusia  (SDM) "Tol Langit" ini silahkan lihat dan unduh pada link di bawah ini:




Download File:
Buku SMK Dukung Sumber Daya Manusia "Tol Langit".pdf

Demikian yang bisa kami sampaikan mengenai keterangan berkas dan share file Buku SMK Dukung Sumber Daya Manusia  (SDM) "Tol Langit". Semoga bisa bermanfaat.


from Berkas Edukasi https://ift.tt/33ylB8t
via IFTTT

Post a Comment

Previous Post Next Post