Lomba Jurnalistik Pendidikan Keluarga 2019
Lomba Jurnalistik Pendidikan Keluarga Tahun 2019
Beberapa waktu lalu, Admin telah memposting artikel Lomba Blog yang diselenggarakan oleh Sahabat Keluarga Kemendikbud Tahun 2019. Lomba Blog tersebut bersifat umum, bisa diikuti oleh seluruh masyarakat, tak terkecuali guru-guru yang bertugas di dunia pendidikan. Bagaimana bentuk lomba dan prosedurnya? Silahkan baca di artikel sebelumnya melalui link di bawah ini"
baca: Lomba Blog Sahabat Keluarga Kemendikbud Tahun 2019
Kali ini, Admin kembali akan menginformasikan tentang Lomba Jurnalistik Pendidikan Keluarga yang juga di laksanakan oleh Sahabat Keluarga Kemendikbud Tahun 2019. Sebetulnya, antara Lomba Blog dan Lomba Jurnalistik merupakan satu event yang sama dalam lomba yang diselenggarakan oleh Sahabat Keluarga Kemendikbud pada tahun 2019 ini, di samping ada satu lagi lomba yaitu Lomba Vlog. Hadiah yang diberikan juga cukup lumayan lho.

Apa sih Lomba Jurnalistik Pendidikan Keluarga itu?  

Lomba jurnalistik pendidikan keluarga merupakan ajang kompetisi karya jurnalistik yang bisa diikuti oleh masyarakat luas, baik dari jurnalis maupun masyarakat umum. Tujuannya adalah untuk menyebarluaskan informasi tentang literasi keluarga. Literasi keluarga yang dimaksud adalah upaya penguatan pemahaman tentang pentingnya literasi, dalam bentuk penyediaan bahan bacaan, dan kegiatan literasi lainnya dalam keluarga. Ada dua kategori yang dilombakan yaitu Feature dan Opini.

Feature lebih mengarah pada fakta atau peristiwa yang sedang menjadi hot topik dan lebih mengarah pada hal-hal yang disukai pembaca. Biasanya feature membahas tentang hal-hal seperti isu politik, tokoh, sejarah, tempat wisata, ekonomi dan budaya. Bentuk tulisan feature lebih santai dari tulisan lainnya serta memberikan hiburan bagi para pembaca. Pada penutup tulisan, diberikan kesimpulan mengenai alasan atau sebab akibat tentang tema yang dibahas sehingga informasi yang disampaikan menjadi semakin jelas; 

Opini merupakan jenis tulisan yang berupa pendapat dari sudut pandang penulis sendiri dan tidak membutuhkan sebuah penelitian. Tentu saja para penulis lebih bebas untuk mengungkapkan pendapat-pendapatnya sendiri berdasarkan kemampuan ataupun pengalaman yang dimiliki. Tulisan opini hanya berdasarkan pendapat dari penulis sehingga tidak bisa dijadikan sebagai informasi yang akurat atau bukanlah fakta. Pendapat setiap orang tentu saja berbeda-beda sehingga tulisan opini bersifat dinamis dan bisa saja benar atau salah tergantung bukti dan fakta.

Tema Lomba Pendidikan Keluarga 2019

Tema yang diangkat adalah “Budaya Literasi Keluarga (BuLiKe)”.Karya yang ditulis bisa disesuaikan dengan peringatan hari besar tertentu yang terkait dengan keluarga dan literasi, misalnya Hari Pendidikan Nasional, Hari Keluarga Nasional, Hari Anak Nasional, Hari Aksara Internasional, dan peringatan hari lainnya yang relevan.  

Poster Jurnalistik Pendidikan Keluarga 2019
Poster Jurnalistik Pendidikan Keluarga 2019

Ketentuan Lomba Jurnalistik Pendidikan Keluarga 2019 

  1. Lomba dibagi 2, yaitu kategori Feature dan Opini. Kategori Feature ditujukan khusus untuk para jurnalis,  sedangkan kategori Opini dapat diikuti baik oleh jurnalis, maupun masyarakat umum.
  2. Sesuai tema yang telah ditentukan, dan tulisan telah dipublikasikan sebelumnya di media yang telah terverifikasi dewan pers. Silahkan cek media di https://dewanpers.or.id/data/perusahaanpers
  3. Hanya 1 (satu) naskah utama yang diperbolehkan untuk diikutsertakan dalam lomba; 
  4. Apabila mengirimkan naskah lainnya yang relevan, akan digunakan sebagai penilaian portofolio yang telah dipublikasikan selama tahun 2019. 
  5. Tulisan bersifat aktual, bernilai, inovatif, kekinian, serta tidak mengandung unsur SARA dan pornografi.
  6. Tulisan belum pernah dan/atau tidak sedang diikutsertakan dalam lomba lain yang sejenis.
  7. Tulisan orisinal dan tidak melanggar hak kekayaan intelektual dari pihak manapun.
  8. Tulisan yang yang dikirim menjadi milik Kemendikbud.
  9. Lomba ini gratis tidak dipungut biaya apapun. 
  10. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan terbebas dari tuntutan pihak ketiga dan konsekuensi hukum atas tulisan yang telah dikirimkan oleh peserta. 
  11. Keputusan Dewan Juri bersifat mengikat dan tidak bisa diganggu gugat. 
  12. Lomba tidak dapat diikuti oleh Pegawai Negeri Sipil (PNS) Kemendikbud maupun Aparatur Sipil Negara (ASN) Kemendikbud.
  13. Panjang tulisan minimal 750 kata. 
  14. Peserta yang telah mengikuti perlombaan jurnalistik pendidikan keluarga ini dianggap telah menyetujui semua syarat dan ketentuan. Jika di kemudian hari ditemukan pelanggaran terhadap syarat dan ketentuan, maka dewan juri berhak melakukan diskualifikasi terhadap peserta. 

Prosedur Lomba Jurnalistik Pendidikan Keluarga 2019

  1. Peserta melakukan registrasi melalui laman resmi Direktorat Pembinaan Pendidikan Keluarga (https://sahabatkeluarga.kemdikbud.go.id/) pada kanal Lomba Pendidikan Keluarga mulai 15 April s.d 30 September 2019;
  2. Tulisan telah diterbitkan di media massa cetak (koran, tabloid, majalah) maupun media daring pada rentang waktu antara 15 April s.d 30 September 2019;
  3. Nominasi pemenang akan diumumkan tanggal 25 Oktober 2019, akan diumumkan melalui laman resmi Pembinaan Pendidikan Keluarga (https://sahabatkeluarga.kemdikbud.go.id/).
  4. Hadiah bagi para pemenang akan diberikan pada kegiatan Apresiasi Pendidikan Keluarga yang diselenggarakan pada bulan November 2019.
Jadwal Penyelenggaraan Lomba Jurnalistik 2019
Jadwal Penyelenggaraan Lomba Jurnalistik 2019

Penentuan Pemenang Lomba Jurnalistik Pendidikan Keluarga 2019

Bagi karya jurnalistik yang memenuhi persyaratan dan masuk nominasi, maka akan dilakukan penilaian lebih lanjut oleh juri. Juri dan panitia akan menentukan juara 1, 2, dan 3 serta juara harapan 1 s.d. 7 sebagai pemenang lomba.

Penghargaan Pemenang Lomba Jurnalistik Pendidikan Keluarga 2019

Hadiah yang akan diberikan pada Lomba jurnalistik Pendidikan Keluarga 2019 ini berupa plakat, seritifikat, serta uang tunai dengan total hadiah sebesar Rp. 107.000.000,- dengan rincian sebagai berikut:
Kategori FEATURE
Juara I : Rp15.000.000,
Juara II : Rp12.000.000,
Juara III : Rp10.000.000,
Juara : 7 orang @Rp5.000.000,
Kategori OPINI 
Juara I : Rp15.000.000,
Juara II : Rp12.000.000,
Juara III : Rp10.000.000,
Juara : 7 orang @Rp5.000.000,

Catatan: Pajak hadiah ditanggung pemenang sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Lebih jelasnya silahkan baca pedomannya melalui google drive berikut ini:

Post a Comment

Previous Post Next Post