Raih Penghasilan Tambahan Bagi Guru dari Menulis Soal di Treoku

Bagi para guru dan tenaga pengajar di lembaga pendidikan, bisa mendapatkan penghasilan tambahan selain gaji rutin bulanan tentu sangat diharapkan. Apalagi bagi guru honorer yang penghasilannya masih belum sepadan dengan tugas yang diemban. Ada banyak yang bisa dilakukan oleh guru jika ingin mendapatkan penghasilan tambahan, diantaranya bisa menjadi blogger, menulis di media massa, menjadi youtuber dengan mengupload video pembelajaran, dan lain-lain.

Berikut ini, ada satu peluang bagi guru atau tenaga pengajar yang ingin mendapatkan penghasilan tambahan, yaitu dengan menulis soal try out di web treoku. Treoku adalah jasa portal web yang menyediakan platform perdagangan elektronik (e-commerce). Pengguna terdiri dari peserta try out dan penulis soal. Peserta try out tentu saja siswa atau siapa saja yang membutuhkan jasa latihan soal online. Sedangkan Penulis Soal adalah guru atau tenaga pengajar yang telah mendaftarkan diri sebelumnya.

Untuk bisa mendaftarkan diri sebagai penulis soal di Treoku, syaratnya sebagai berikut:
  1. Memiliki kualifikasi pendidikan minimal D4/S1
  2. Mempunyai minat dalam menulis soal.

Adapun jenis dan pembagian soal yang bisa diakomodir di Treoku adalah:
  1. Soal Ulangan Sekolah, baik soal Ulangan Harian (UH), UTS, UAS, UKK) mulai Kelas 1 sampai dengan Kelas 12 Semester Genap dan Ganjil terdiri dari semua mata pelajaran.
  2. Soal UN dengan pilihan sesuai mapel.
  3. Soal SBMPTN (TKPA/SAINTEK/SOSHUM)

Bagaimana Cara Kerja Penulis Soal?

Yang pertama kali harus dilakukan jika ingin menjadi penulis soal adalah dengan mendaftarkan diri sebagai penulis soal di web Treoku. Syaratnya memiliki kualifikasi pendidikan minimal Diploma D4 atau Sarjana (S1). Setelah berhasil mendaftar, guru sebagai penulis soal bisa login ke dalam akun dan mulai menulis soal. Caranya dengan cara klik menu Tambah Tryout. Selanjutnya, tentukan harga jual Soal Tryout yang telah dibuat, dan masukkan soal-soal tryout tersebut ke dalam formulir yang telah disediakan.

Jika semua proses itu telah dilalui, guru sebagai penulis soal tinggal menunggu dan menikmati hasil dari membuat soal. Pemasaran soal tryout yang telah dibuat sepenuhnya akan dilakukan oleh Treoku. Jika ada pengguna sebagai peserta tryout, yaitu siswa yang membeli soal tryout Anda, Anda akan mendapat bagian 80% dari harga soal tryout dan secara otomatis tercatat di akun.

Hal-hal yang harus diperhatikan bagi penulis soal di Treoku
  • Penulis Soal wajib menempatkan Soal Tryout sesuai dengan kategori yang disediakan.
  • Penulis Soal dilarang menjiplak dan/atau menyalin kembali Soal Tryout milik pihak lain termasuk teks soal, pembahasan soal, gambar dan/atau video.
  • Penulis Soal dilarang menyalin kembali Soal Tryout yang sudah pernah ditulisnya, termasuk teks soal, pembahasan soal, gambar dan/atau video.
  • Penulis Soal dilarang melanggar hak kekayaan intelektual (HAKI) pihak lain.
  • Penulis Soal menetapkan harga jual Soal Tryout dari pilihan harga yang telah tersedia di Platform Treoku.
  • Dari setiap penjualan Soal Tryout, Penulis Soal mendapat bagian sebesar 80% (delapan puluh persen) dari harga jual Soal Tryout.
  • Penulis Soal wajib menanggung segala kewajiban pajak (apabila ada) atas penghasilan yang diterimanya.
  • Penulis Soal wajib mengisi data rekening bank untuk kepentingan pencairan dana di Treoku.
  • Saldo Penulis Soal akan ditransfer ke rekening Penulis Soal pada minggu pertama awal bulan.
  • Nominal minimum pencairan saldo Penulis Soal adalah sebesar Rp 20.000.
  • Pencairan saldo ke rekening Pengguna dapat dikenakan biaya administrasi sebesar yang ditentukan oleh bank pengirim.
    Bagi para guru atau tenaga pengajar yang tertarik dengan peluang di atas, segera kunjungi web Treoku, mendaftarkan diri dengan memenuhi syarat-syarat yang ditentukan, mulai menulis soal, dan seterusnya. Semakin banyak soal yang Anda buat, kemungkinan mendapat penghasilan tambahan juga semakin besar. Manfaatkan peluang ini sebaik-baiknya.

    Di bawah ini penampakan menu pendaftaran penulis soal di Web Treoku:

    Tampilan Pendaftaran di Web Treoku

    Post a Comment

    Previous Post Next Post