Soal PAT Bahasa Arab MI (KMA 183) dan Kunci Jawaban ini adalah rangkaian soal Penilaian Akhir Tahun (PAT), biasa disebut juga sebagai Penilaian Akhir Semester (PAS) Genap, untuk Madrasah Ibtidaiyah kelas 1, 2, 3, 4, dan 5. Kali ini untuk mata pelajaran Bahasa Arab yang penyusunannya disesuaikan dengan KMA Nomor 183 tahun 2019.
Soal PAT Bahasa Arab untuk kelas 1, 2, 3, 4, dan 5 Madrasah Ibtidaiyah ini telah dilengkapi juga dengan kunci jawaban. Dan yang tidak kalah menarik, kesemuanya disajikan dalam file berformat Microsoft Word sehingga akan mempermudah saat mencetak langsung ataupun ketika ingin melakukan pengeditan dan penyesuaian sebelumnya.
Seri artikel terkait soal Penilaian Akhir Tahun ini untuk menyambut masa PAT yang berdasarkan Kalender Pendidikan, akan dilangsungkan tidak lama lagi.
Artikel ini terdiri atas :
- Penyusunan dan Materi Soal PAT Bahasa Arab MI
- Download Soal PAT Bahasa Arab untuk MI
- Download Soal PAT Mata Pelajaran Lainnya
Penyusunan dan Materi Soal PAT Bahasa Arab MI
Penyusunan materi dalam soal PAT mata pelajaran Bahasa Arab untuk Madrasah Ibtidaiyah ini telah disesuaikan dengan SK dan KD sebagaimana tercantum dalam KMA Nomor 183 Tahun 2019 Tentang Kurikulum Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Bahasa Arab Pada Madrasah.
Khusus untuk mata pelajaran Bahasa Arab, tergolong cukup banyak KD yang harus dituntaskan di semester genap kali ini. Mulai dari kelas 1 hingga 5, masing-masing ada enam Komptensi Dasar. KD tersebut yang kemudian menjadi dasar dalam penyusunan soal-soal dalam PAT kali ini.
Soal PAT Bahasa Arab Kelas 1 Madrasah Ibtidaiyah tersusun atas enam Komptensi Dasar yang meliputi:
- 3.7 Memahami fungsi sosial dan unsur kebahasaan (bunyi, kata dan makna) dari teks sangat sederhana terkait tema : بيتي dengan melibatkan tindak tutur memberi dan meminta informasi tentang nomor rumah
- 3.8 Menganalisis unsur kebahasaan (bunyi, kata dan makna) dari teks sangat sederhana terkait tema : بيتي
- 3.9 Memahami fungsi sosial dan unsur kebahasaan (bunyi, kata dan makna) dari teks sangat sederhana terkait tema : أسماء الفواكه dengan melibatkan tindak tutur meminta informasi tentang nama-nama buah dengan pola kata tunjuk (هذا - هذه)
- 3.10 Menganalisis unsur kebahasaan (bunyi, kata dan makna) dari teks sangat sederhana terkait tema : أسماء الفواكه
- 3.11 Memahami fungsi sosial dan unsur kebahasaan (bunyi, kata dan makna) dari teks sangat sederhana terkait tema : الألوان dengan melibatkan tindak tutur meminta informasi tentang warna dari benda-benda kongkrit
- 3.12 Menganalisis unsur kebahasaan (bunyi, kata dan makna) dari teks sangat sederhana terkait tema : الألوان
Pada soal PAT Bahasa Arab Kelas 2 Madrasah Ibtidaiyah, Kompetensi Dasar yang menjadi penyusunnya adalah:
- 3.7 Memahami fungsi sosial dan unsur kebahasaan (bunyi, kata dan makna) dari teks sangat sederhana terkait tema : وسائل المواصلات dengan melibatkan tindak tutur memberi dan meminta informasi tentang nama sarana transportasi
- 3.8 Menganalisis unsur kebahasaan (bunyi, kata dan makna) dari teks sangat sederhana terkait tema : وسائل المواصلات
- 3.9 Memahami fungsi sosial dan unsur kebahasaan (bunyi, kata dan makna) dari teks sangat sederhana terkait tema : اثاث المنزل yang melibatkan tindak tutur meminta informasi tentang peralatan rumah
- 3.10 Menganalisis unsur kebahasaan (bunyi, kata dan makna) dari teks sangat sederhana terkait tema : اثاث المنزل
- 3.11 Memahami fungsi sosial dan unsur kebahasaan (bunyi, kata dan makna) dari teks sangat sederhana terkait tema : المنَاظر الطبيعية yang melibatkan tindak tutur meminta informasi tentang pemandangan alam yang dilihat
- 3.12 Menganalisis unsur kebahasaan (bunyi, kata dan makna) dari teks sangat sederhana terkait tema : المنَاظر الطبيعية
- 3.7 Memahami fungsi sosial dan unsur kebahasaan (bunyi, kata dan makna) dari teks sangat sederhana terkait tema : الرياضة dengan melibatkan tindak tutur memberi dan meminta informasi tentang olahraga yang disukai
- 3.8 Menganalisis unsur kebahasaan (bunyi, kata dan makna) dari teks sangat sederhana terkait tema : الرياضة
- 3.9 Memahami fungsi sosial dan unsur kebahasaan (bunyi, kata dan makna) dari teks sangat sederhana terkait tema : أصدقائي yang melibatkan tindak tutur mengenalkan nama teman
- 3.10 Menganalisis unsur kebahasaan (bunyi, kata dan makna) dari teks sangat sederhana terkait tema : أصدقائي
- 3.11 Memahami fungsi sosial dan unsur kebahasaan (bunyi, kata dan makna) dari teks sangat sederhana terkait tema : الحديقة yang melibatkan tindak tutur memberi informasi nama tanaman
- 3.12 Menganalisis unsur kebahasaan (bunyi, kata dan makna) dari teks sangat sederhana terkait tema : الحديقة
Sedangkan Kompetensi Dasar yang menjadi penyusun soal PAT Bahasa Arab untuk Kelas 4 Madrasah Ibtidaiyah adalah:
- 3.7 Memahami fungsi sosial dan unsur kebahasaan (bunyi, kata dan makna) dari teks sangat sederhana terkait tema : أفراد الأسرة dengan melibatkan tindak tutur memberi dan meminta informasi tentang anggota keluarga
- 3.8 Menganalisis unsur kebahasaan (bunyi, kata dan makna) dari teks sangat sederhana terkait tema : أفراد الأسرة dengan memperhatikan struktur اسم الإشارة -- الاسم المفرد
- 3.9 Memahami fungsi sosial dan unsur kebahasaan (bunyi, kata dan makna) dari teks sangat sederhana terkait tema : فى البيت yang melibatkan tindak tutur memberi dan meminta informasi tentang aktifitas di rumah
- 3.10 Menganalisis unsur kebahasaan (bunyi, kata dan makna) dari teks sangat sederhana terkait tema : فى البيت secara lisan dan tulisan dengan memperhatikan struktur اسم الإشارة -- الاسم المفرد
- 3.11 Memahami fungsi sosial dan unsur kebahasaan (bunyi, kata dan makna) dari teks sangat sederhana terkait tema : فى البيت yang melibatkan tindak tutur memberi dan meminta informasi tentang aktifitas di rumah
- 3.12 Menganalisis unsur kebahasaan (bunyi, kata dan makna) dari teks sangat sederhana terkait tema : أخب أندونسيا secara lisan dan tulisan dengan memperhatikan struktur اسم الإشارة -- الاسم العلم
Kompetensi Dasar yang terkandung dalam soal PAT Bahasa Arab Kelas 5 Madrasah Ibtidaiyah meliputi:
- 3.7 Memahami fungsi sosial dan unsur kebahasaan (bunyi, kata dan makna) dari teks sangat sederhana terkait tema : فى غرفة الاستقبال والمذاكرة yang melibatkan tindak tutur mendeskripsikan apa yang ada di ruang tamu dan ruang belajar
- 3.8 Menganalisis unsur kebahasaan (bunyi, kata dan makna) dari teks sangat sederhana terkait tema : فى غرفة الاستقبال والمذاكرة dengan memperhatikan struktur المبتدأ والخبر - الخبر المقدم والمبتدأ المؤخر
- 3.9 Memahami fungsi sosial dan unsur kebahasaan (bunyi, kata dan makna) dari teks sangat sederhana terkait tema : فى المعمل ومكتبة المدرسة yang melibatkan tindak tutur mendeskripsikan secara sederhana tentang aktifitas di laboratorium dan perpustakaan sekolah
- 3.10 Menganalisis unsur kebahasaan (bunyi, kata dan makna) dari teks sangat sederhana terkait tema : فى المعمل ومكتبة المدرسة secara lisan dan tulisan dengan memperhatikan struktur المبتدأ والخبر / الخبر المقدم والمبتدأ المؤخر والمبتدأ المؤخر
- 3.11 Memahami fungsi sosial dan unsur kebahasaan (bunyi, kata dan makna) dari teks sangat sederhana terkait tema : فى المقصف yang melibatkan tindak tutur memberi dan meminta informasi jenis makanan yang ada di kantin secara lisan
- 3.12 Menganalisis unsur kebahasaan (bunyi, kata dan makna) dari teks sangat sederhana terkait tema : فى المقصف dengan memperhatikan struktur المبتدأ والخبر - الخبر المقدم والمبتدأ المؤخر
Download Soal PAT Bahasa Arab untuk MI
Download Soal PAT Mata Pelajaran Lainnya
- Soal PAT Quran Hadis MI (KMA 183) dan Kunci Jawaban
- Soal PAT Akidah Akhlak MI (KMA 183) dan Kunci Jawaban
- Soal PAT Fikih MI (KMA 183) dan Kunci Jawaban
- Soal PAT Sejarah Kebudayaan Islam MI (KMA 183) dan Kunci Jawaban
- Soal PAT Bahasa Arab MI (KMA 183) dan Kunci Jawaban
from Ayo Madrasah https://ift.tt/3wjHoi8
via IFTTT
Post a Comment