Daftar Kompetensi Inti (KI) dan Kompetensi Dasar (KD) Al-Quran Hadis Madrasah Ibtidayah sesuai dengan KMA Nomor 183 Tahun 2019. Baik untuk kelas 1, 2, 3, 4, 5, maupun 6 MI semester gasal dan genap.


Daftar KI dan KD mata pelajaran ini beserta mapel PAI lainnya, sebelumnya pernah Ayo Madrasah bagikan dalam artikel terdahulu. Bahkan tersedia dalam format microsoft word. Baca: Daftar KI-KD PAI dan Bahasa Arab MI Sesuai KMA 183 Tahun 2019 (Word).


Namun untuk lebih memudahkan guru mata pelajaran Al Quran Hadis, Ayo Madrasah membagikan ulang, khusus untuk KI dan KD mata pelajaran Al Quran Hadis.

Daftar KI dan KD Al-Quran Hadis MI


Daftar KI dan KD Al Quran Hadis MI Kelas 1 Semester Gasal

  • Kompetensi Inti 1 (Sikap Spiritual)
    • 1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
  • Kompetensi Dasar
    • 1.1. Menerima keutamaan membaca Al-Qur'an dengan baik dan benar sesuai dengan kaidah kaidah Ilmu Tajwid
    • 1.2. Menerima Q.S. al-Fatihah (1), an-Nas (114), al-Falaq (113), al-Ikhlas (112) dan al-Lahab (111) sebagai firman Allah SWT.
  • Kompetensi Inti 2 (Sikap Sosial)
    • 2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
  • Kompetensi Dasar
    • 2.1. Menunjukkan sikap disiplin dalam kehidupan keseharian
    • 2.2. Mengamalkan sikap percaya diri sebagai mukmin dalam pergaulan sehari-hari
  • Kompetensi Inti 3 (Pengetahuan)
    • 3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
  • Kompetensi Dasar
    • 3.1. Memahami huruf hija'iyah beserta tanda bacanya (fathah, kasrah, dan dlammah)
    • 3.2. Memahami Q.S. al-Fatihah (1), an-Nas (114), al-Falaq (113), al-Ikhlas (112) dan al-Lahab (111)
  • Kompetensi Inti 4 (Keterampilan)
    • 4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
  • Kompetensi Dasar
    • 4.1. Mendemonstrasikan pelafalan huruf hija'iyah beserta tanda bacanya (fathah, kasrah, dan dlammah
    • 4.2. Melafalkan Q.S. al-Fatihah (1), an-Nas (114),al-Falaq (113), al-Ikhlas (112) dan al-Lahab (111)


Daftar KI dan KD Al Quran Hadis MI Kelas 1 Semester Genap

  • Kompetensi Inti 1 (Sikap Spiritual)
    • 1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
  • Kompetensi Dasar
    • 1.3. Menerima keutamaan membaca Al-Qur'an dengan baik dan benar sesuai dengan kaidah kaidah Ilmu Tajwid
    • 1.4. Menerima Q.S. an-Nashr (110), al-Kafirun (109), al-Kautsar (108), al-Ma'un (107) dan al-Quraisy (106) sebagai firman Allah SWT.
    • 1.5. Menerima bahwa kebersihan merupakan sebagian dari iman
  • Kompetensi Inti 2 (Sikap Sosial)
    • 2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
  • Kompetensi Dasar
    • 2.3. Mengamalkan sikap disiplin sebagai dalam kehidupan keseharian
    • 2.4. Mengamalkan perilaku santun kepada orang tua, keluarga, teman, dan guru.
    • 2.5. Mengamalkan budaya bersih dalam kehidupan sehari-hari
  • Kompetensi Inti 3 (Pengetahuan)
    • 3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
  • Kompetensi Dasar
    • 3.3. Memahami huruf hija'iyah beserta tanda bacanya (fathatain, kasratain, dlammatain, sukun dan tasydid)
    • 3.4. Memahami Q.S. an-Nashr (110), al-Kafirun (109), al-Kautsar (108), al-Ma'un (107) dan al-Quraisy (106)
    • 3.5. Memahami hadis tentang kebersihan sebagian dari iman secara sederhana riwayat Muslim dari Abu Malik al-Asy'ari: عَنْ أَبِيْ مَالِكٍ الأَشْعَرِىِّ قَالَ قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ  الحديث......عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: الطُّهُورُ شَطْرُ الإِيْمَانِ
  • Kompetensi Inti 4 (Keterampilan)
    • 4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
  • Kompetensi Dasar
    • 4.3. Mendemonstrasikan pelafalan huruf hija'iyah beserta tanda bacanya (fathatain, kasratain, dlammatain, sukun dan tasydid) secara lisan dan tulisan
    • 4.4. Melafalkan Q.S. an-Nashr (110), al-Kafirun (109), al- Kautsar (108), al-Ma'un (107) dan al-Quraisy (106)
    • 4.5. Melafalkan hadis tentang kebersihan sebagian dari iman riwayat Muslim dari Abu Malik al-Asy'ari: عَنْ أَبِيْ مَالِكٍ الأَشْعَرِىِّ قَالَ قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ  الحديث......عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: الطُّهُورُ شَطْرُ الإِيْمَانِ


Daftar KI dan KD Al Quran Hadis MI Kelas 2 Semester Gasal

  • Kompetensi Inti 1 (Sikap Spiritual)
    • 1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
  • Kompetensi Dasar
    • 1.1. Menghargai pentingnya menulis huruf hija'iyah dengan baik dan benar
    • 1.2. Menerima keutamaan membaca Al-Qur'an dengan baik dan benar sesuai dengan kaidah kaidah Ilmu Tajwid
    • 1.3. Menerima Q.S. al-Fiil (105), al- Humazah (104), al-Ashr (103) dan at-Takatsur (102) sebagai firman Allah SWT.
    • 1.4. Menerima keutamaan orang yang mempelajari dan mengajarkan Al- Qur'an
  • Kompetensi Inti 2 (Sikap Sosial)
    • 2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
  • Kompetensi Dasar
    • 2.1. Menjalankan sikap rajin dalam kehidupan sehari-hari
    • 2.2. Menjalankan sikap sungguh-sungguh dalam menuntut ilmu
    • 2.3. Menjalankan sikap peduli kepada sesama dalam kehidupan keseharian
    • 2.4. Menunjukkan sikap santun terhadap orang tua, keluarga, teman, dan guru
  • Kompetensi Inti 3 (Pengetahuan)
    • 3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
  • Kompetensi Dasar
    • 3.1. Mengetahui cara menulis huruf hija'iyah secara terpisah dan bersambung
    • 3.2. Memahami hokum bacaan ghunnah
    • 3.3. Memahami Q.S. al-Fiil (105), al- Humazah (104), al-Ashr (103) dan at-Takatsur (102)
    • 3.4. Memahami hadis tentang keutamaan belajar Al-Qur'an riwayat Bukhari dari Usman bin Affan: عَنْ عُثْمَانَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ ، عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ : خَيْرُكُمْ مَنْ تَعَلَّمَ القُرْآنَ وَعَلَّمَهُ
  • Kompetensi Inti 4 (Keterampilan)
    • 4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
  • Kompetensi Dasar
    • 4.1. Menulis huruf hija'iyah secara terpisah dan bersambung
    • 4.2. Mempraktikkan hokum bacaan ghunnah
    • 4.3. Melafalkan Q.S. al-Fiil (105), al- Humazah (104), al-Ashr (103) dan at-Takatsur (102)
    • 4.4. Mendemonstrasikan hafalan hadis tentang keutamaan belajar Al- Qur'an riwayat Bukhari dari Usman bin Affan:  عَنْ عُثْمَانَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ ، عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ : خَيْرُكُمْ مَنْ تَعَلَّمَ القُرْآنَ وَعَلَّمَهُ

Daftar KI dan KD Al Quran Hadis MI Kelas 2 Semester Genap

  • Kompetensi Inti 1 (Sikap Spiritual)
    • 1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
  • Kompetensi Dasar
    • 1.5. Menerima Q.S. al-Qari'ah (101), al-Ashr (103), al- Adiyat (100), al-Zalzalah (99) dan al-Bayyinah (98) sebagai firman Allah SWT.
    • 1.6. Menerima keutamaan membaca Al-Qur'an dengan cara yang baik dan benar sesuai kaidahkaidah Ilmu Tajwid
    • 1.7. Menerima bahwa keridaan Allah SWT. tergantung pada keridaan kedua orang tua
  • Kompetensi Inti 2 (Sikap Sosial)
    • 2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
  • Kompetensi Dasar
    • 2.5. Mengamalkan sikap peduli dalam kehidupan keseharian
    • 2.6. Menjalankan sikap cermat dalam menjalankan tugas sehari-hari
    • 2.7. Menjalankan sikap hormat dan santun kepada orang tua
  • Kompetensi Inti 3 (Pengetahuan)
    • 3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
  • Kompetensi Dasar
    • 3.5. Memahami Q.S. al-Qari'ah (101), al-Ashr (103), al-'Adiyat (100), al-Zalzalah (99) dan al-Bayyinah (98)
    • 3.6. Memahami hokum bacaan Al Qamariyah dan Al Syamsiyah
    • 3.7. Memahami hadis tentang hormat kepada orang tua riwayat Tirmidzi dari Abdullah bin Umar: عن عبدالله بن عمرو عن النبي صلى الله عليه وسلم قال رِضَى الرَّبِّ فِيْ رِضَى الْوَالِدِ، وَسَخَطُ اللهِ فِيْ سَخَطِ الْوَالِدِ  
  • Kompetensi Inti 4 (Keterampilan)
    • 4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
  • Kompetensi Dasar
    • 4.5. Melafalkan Q.S. al- Qari'ah (101), al-Ashr (103), al-Adiyat (100), al-Zalzalah (99) dan al-Bayyinah (98)
    • 4.6. Mempraktikkan hokum bacaan Al Qamariyah dan Al Syamsiyah
    • 4.7. Mendemonstrasikan hafalan hadis tentang hormat kepada orang tua riwayat Tirmidzi dari Abdullah bin Umar: عن عبدالله بن عمرو عن النبي صلى الله عليه وسلم قال رِضَى الرَّبِّ فِيْ رِضَى الْوَالِدِ، وَسَخَطُ اللهِ فِيْ سَخَطِ الْوَالِدِ  

Daftar KI dan KD AL Quran Hadis MI Kelas 3 Semester Gasal

  • Kompetensi Inti 1 (Sikap Spiritual)
    • 1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
  • Kompetensi Dasar
    • 1.1. Menerima Q.S. al-Fatihah (1), an-Nas (114), al-Falaq dan al-Ikhlas (112) sebagai firman Allah SWT.
    • 1.2. Menghayati keutamaan membaca Al-Qur'an secara benar sesuai dengan kaidah-kaidah Ilmu Tajwid
    • 1.3. Menerima bahwa shalat berjamaah itu lebih utama dari pada shalat sendirian
  • Kompetensi Inti 2 (Sikap Sosial)
    • 2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
  • Kompetensi Dasar
    • 2.1. Menjalankan sikap santun dalam kehidupan sehari-hari
    • 2.2. Menjalankan sikap disiplin dalam menjalankan kewajiban
    • 2.3. Menjalankan sikap disiplin dalam kehidupan
  • Kompetensi Inti 3 (Pengetahuan)
    • 3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
  • Kompetensi Dasar
    • 3.1. Memahami arti dan isi kandungan Q.S. al-Fatihah (1), an-Nas (114), al-Falaq dan al-Ikhlas (112)
    • 3.2. Memahami hokum bacaan Qalqalah
    • 3.3. Memahami arti dan kandungan hadis tentang shalat berjamaah riwayat Bukhari, Muslim, Tirmidzi, Nasai, Ibnu Majah, dan Ahmad dari Ibnu Umar: عَنْ بْنِ عُمَرَ أَنَّ رَسُولَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ صَلاةُ الْجَمَاعَةِ تَفْضُلُ صَلاةَ الْفَذِّ بِسَبْعٍ وَعِشْرِينَ دَرَجَةً
  • Kompetensi Inti 4 (Keterampilan)
    • 4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
  • Kompetensi Dasar
    • 4.1.1. Mendemonstrasikan hafalan Q.S. al-Fatihah (1), an-Nas (114), al-Falaq dan al-Ikhlas (112)
    • 4.1.2. Mengomunikasikan isi kandungan Q.S. al- Fatihah (1), an-Nas (114), al-Falaq dan al-Ikhlas (112)
    • 4.2. Mempraktikkan bacaan Qalqalah
    • 4.3. Mendemonstrasikan hafalan hadis tentang shalat berjamaah riwayat Bukhari, Muslim, Tirmidzi, Nasai, Ibnu Majah, dan Ahmad dari Ibnu Umar Mengomunikasikan dan kandungan hadis tentang shalat berjamaah riwayat Bukhari, Muslim, Tirmidzi, Nasai, Ibnu Majah, dan Ahmad dari Ibnu Umar: عَنْ بْنِ عُمَرَ أَنَّ رَسُولَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ صَلاةُ الْجَمَاعَةِ تَفْضُلُ صَلاةَ الْفَذِّ بِسَبْعٍ وَعِشْرِينَ دَرَجَةً 

Daftar KI dan KD AL Quran Hadis MI Kelas 3 Semester Genap

  • Kompetensi Inti 1 (Sikap Spiritual)
    • 1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
  • Kompetensi Dasar
    • 1.4. Menerima Q.S. al-Kafirun (109) dan an-Nasr (110) sebagai firman Allah SWT.
    • 1.5. Menerima Q.S. al-Lahab (111) dan al-Fiil (105) sebagai firman Allah SWT.
    • 1.6. Menerima keutamaan membaca Al-Qur'an sesuai dengan kaidahkaidah Ilmu Tajwid
    • 1.7. Menerima bahwa sesame mukmin adalah bersaudara
  • Kompetensi Inti 2 (Sikap Sosial)
    • 2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
  • Kompetensi Dasar
    • 2.4. Menjalankan sikap toleran dalam pergaulan
    • 2.5. Menjalankan sikap tanggungjawab dalam menjalankan tugas sehari-hari
    • 2.6. Menjalankan sikap disiplin dalam belajar
    • 2.7. Menjalankan sikap peduli kepada sesama
  • Kompetensi Inti 3 (Pengetahuan)
    • 3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
  • Kompetensi Dasar
    • 3.4. Memahami arti dan isi kandungan Q.S. al- Kafirun (109) dan an-Nasr (110)
    • 3.5. Memahami arti dan isi kandungan Q.S. al-Lahab (111) dan al-Fiil (105)
    • 3.6. Memahami hokum bacaan Mad Thabi'i
    • 4.7. Memahami arti dan isi kandungan hadis tentang persaudaraan riwayat al-Bukhari Muslim dari Abu Musa: عَنْ أَبِي مُوسَى رضي الله عنه عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى الله عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ الْمُؤْمِنُ لِلْمُؤْمِنِ كَالْبُنْيَانِ يَشُدُّ بَعْضُهُ بَعْضًا وَشَبَّكَ أَصَابِعِهِ
  • Kompetensi Inti 4 (Keterampilan)
    • 4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
  • Kompetensi Dasar
    • 4.5.1. Mendemonstrasikan hafalan Q.S. al-Kafirun (109) dan an-Nasr (110)
    • 4.5.2. Mengomunikasikan kandungan Q.S. al-Kafirun (109) dan an-Nasr (110)
    • 4.5.3. Mendemonstrasikan hafalan Q.S. al-Lahab (111) dan al-Fiil (105)
    • 4.5.4. Mengomunikasikan kandungan Q.S. al-Lahab (111) dan al-Fill (105)
    • 4.6. Mempraktikkan hukum bacaan Mad Thabi'i
    • 4.7.1. Mendemonstrasikan hafalan hadis tentang persaudaraan riwayat Bukhari Muslim dari Abu Musa
    • 4.7.2. Mengomunikasikan isi kandungan hadis tentang persaudaraan Bukhari Muslim Musa: عَنْ أَبِي مُوسَى رضي الله عنه عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى الله عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ الْمُؤْمِنُ لِلْمُؤْمِنِ كَالْبُنْيَانِ يَشُدُّ بَعْضُهُ بَعْضًا وَشَبَّكَ أَصَابِعِهِ

Daftar KI dan KD Al Quran Hadis MI Kelas 4 Semester Gasal

  • Kompetensi Inti 1 (Sikap Spiritual)
    • 1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
  • Kompetensi Dasar
    • 1.1. Menerima bahwa Q.S. al-'Ashr (103) dan al-Quraisy (106) sebagai firman Allah SWT.
    • 1.2. Menerima bahwa Q.S. al-Ma'un (107) dan at-Takatsur (102) sebagai firman Allah SWT.
    • 1.3. Menerima keuta_maan membaca Al-Qur'an dengan cara yang baik dan benar sesuai dengan kaidah-kaidah Ilmu Tajwid
    • 1.4. Menerima taqwa merupakan kunci kebahagiaan
    • 1.5. Menerima bahwa niat menentukan baik dan . tidaknya sebuah amal perbuatan
  • Kompetensi Inti 2 (Sikap Sosial)
    • 2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
  • Kompetensi Dasar
    • 2.1. Menjalankan sikap disiplin dalam kehidupan sehari-hari
    • 2.2. Menjalankan sikap santun kepada orang tua, teman, guru, dan masyarakat
    • 2.3. Menjalankan sikap cermat dalam menunaikan tugas-tugas belajar
    • 2.4. Mengamalkan sikap percaya diri dalam menjalankan kebenaran
    • 2.5. Menjalankan sikap teguh pendirian dalam kehidupan sehari-hari
  • Kompetensi Inti 3 (Pengetahuan)
    • 3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
  • Kompetensi Dasar
    • 3.1. Memahami arti dan isi kandungan Q.S. al-Ashr (103) dan al-Quraisy (106)
    • 3.2. Memahami arti dan isi kandungan Q.S. al-Ma'un (107) dan at-Takatsur (102)
    • 3.3. Menerapkan hokum bacaan idhhar dan ikhfa'
    • 3.4/ Memahami arti dan isi kandungan hadis tentang takwa riwayat Tirmidzi dari Abu Dzar: عَنْ أَبِى ذَرٍّ قَالَ: قَالَ لي رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ. اِتَّقِ اللهَ حَيْثُمَا كُنْتَ وَأَتْبِعِ السَّيْئَةَ الْحَسَنَةَ تَمْحُهَا وَخَالِقِ النَّاسَ بِخُلُقٍ حَسَنِ
    • 3.5. Memahami arti dan isi kandungan hadis tentang niat riwayat Bukhari dari Umar bin Khattab:  قال رَسُول اللَّهِ صلى الله عليه وسلم إِنَّمَا الأَعْمَالُ بِالنِّيَّاتِ ، وَإِنَّمَا لِكُلِّ امْرِئٍ مَا نَوَى ، فَمَنْ كَانَتْ هِجْرَتُهُ إِلَى دُنْيَا يُصِيبُهَا أَوْ إِلَى امْرَأَةٍ يَنْكِحُهَا فَهِجْرَتُهُ إِلَى مَا هَاجَرَ إِلَيْهِ dengan jelas dan benar.
  • Kompetensi Inti 4 (Keterampilan)
    • 4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
  • Kompetensi Dasar
    • 4.1.1. Mendemonstrasikan hafalan Q.S. al- Ashr (103) dan al-Quraisy (106)
    • 4.1.2. Mengomunikasikan kandungan Q.S. al-'Ashr (103) dan al-Quraisy (106)
    • 4.2.1. Mendemonstrasikan hafalan Q.S. al-Ma'un (107) dan at-Takatsur (102))
    • 4.2.2. Mengomunikasikan kandungan Q.S. al-Ma'un (107) dan at-Takatsur (102)
    • 4.3. Mempraktikkan hokum bacaan idhhar dan ikhfa'
    • 4.4.1. Mendemonstrasikan hafalan hadis tentang takwa riwayat Tirmidzi dari Abu Dzar
    • 4.4.2. Menyajikan isi kandungan hadis tentang takwa riwayat Tirmidzi dari Abu Dzar: عَنْ أَبِى ذَرٍّ قَالَ: قَالَ لي رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ. اِتَّقِ اللهَ حَيْثُمَا كُنْتَ وَأَتْبِعِ السَّيْئَةَ الْحَسَنَةَ تَمْحُهَا وَخَالِقِ النَّاسَ بِخُلُقٍ حَسَنِ
    • 4.5.1. Mendemonstrasikan hafalan hadis tentang niat riwayat Bukhari dari Umar bin Khattab
    • 4.5.2. Mengomunikasikan kandungan hadis tentang niat riwayat Bukhari dari Umar bin Khattab:  قال رَسُول اللَّهِ صلى الله عليه وسلم إِنَّمَا الأَعْمَالُ بِالنِّيَّاتِ ، وَإِنَّمَا لِكُلِّ امْرِئٍ مَا نَوَى ، فَمَنْ كَانَتْ هِجْرَتُهُ إِلَى دُنْيَا يُصِيبُهَا أَوْ إِلَى امْرَأَةٍ يَنْكِحُهَا فَهِجْرَتُهُ إِلَى مَا هَاجَرَ إِلَيْهِ

Daftar KI dan KD AL Quran Hadis MI Kelas 4 Semester Genap

  • Kompetensi Inti 1 (Sikap Spiritual)
    • 1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
  • Kompetensi Dasar
    • 1.6. Menerima Q.S. al-Qariah (101) dan al-Zalzalah (99) sebagai firman Allah SWT.
    • 1.7. Menerima keutamaan membaca Al-Qur'an dengan baik dan benar sesuai dengan kaidah-kaidah Ilmu Tajwid
    • 1.8. Menerima bahwa silaturrahmi merupakan perbuatan yang dicintai Allah SWT.
  • Kompetensi Inti 2 (Sikap Sosial)
    • 2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
  • Kompetensi Dasar
    • 2.6. Menjalankan sikap disiplin dalam menjalankan kebaikan
    • 2.7. Menjalankan sikap cermat dalam beraktifitas sehari-hari
    • 2.8. Menjalankan sikap peduli kepada orang tua, guru, teman, dan masyarakat
  • Kompetensi Inti 3 (Pengetahuan)
    • 3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
  • Kompetensi Dasar
    • 3.6. Memahami arti dan isi kandungan Q.S. al-Qariah (101) dan al-Zalzalah (99)
    • 3.7. Menerapkan hokum bacaan idgham bighunnah, idgham bilaghunnah, dan isglab
    • 3.8. Memahami arti dan isi kandungan hadis tentang silaturrahmi riwayat Bukhari Muslim dari Anas: عَنْ أَنَس بْنُ مَالِكٍ: أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ  عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ : مَنْ أَحَبَّ أَنْ يُبْسَطَ لَهُ فِي رِزْقِهِ وَيُنْسَأَ لَهُ فِي أَثَرِهِ فَلْيَصِلْ رَحِمَهُ
  • Kompetensi Inti 4 (Keterampilan)
    • 4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
  • Kompetensi Dasar
    • 4.6.1. Mendemonstrasikan hafalan Q.S. al-Qariah (101) dan al-Zalzalah (99)
    • 4.6.2. Mengomunikasikan kandungan Q. S. al-Qariah (101) dan al- Zalzalah (99)
    • 4.7. Mempraktikkan hokum bacaan idgham bighunnah, idgham bilaghunnah, dan iqlab
    • 4.8.1. Mendemonstrasikan hafalan hadis tentang silaturrahmi riwayat Bukhari Muslim dari Anas
    • 4.8.2. Mengomunikasikan isi kandungan hadis tentang silaturrahmi riwayat Bukhari Muslim dari Anas: عَنْ أَنَس بْنُ مَالِكٍ: أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ  عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ : مَنْ أَحَبَّ أَنْ يُبْسَطَ لَهُ فِي رِزْقِهِ وَيُنْسَأَ لَهُ فِي أَثَرِهِ فَلْيَصِلْ رَحِمَهُ

Daftar KI dan KD Al Quran Hadis MI Kelas 5 Semester Gasal

  • Kompetensi Inti 1 (Sikap Spiritual)
    • 1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
  • Kompetensi Dasar
    • 1.1. Menerima Q.S. al-Adiyat (100) dan at-Tin (95) sebagai firman Allah SWT.
    • 1.2. Menerima keutamaan membaca Al-Qur'an dengan baik dan benar sesuai kaidah
    • 1.3. Menerima bahwa menyayangi anak yatim merupakan sikap yang dicintai Allah SWT. Dan Rasul-Nya
  • Kompetensi Inti 2 (Sikap Sosial)
    • 2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
  • Kompetensi Dasar
    • 2.1. Menjalankan sikap tanggung jawab dalam melaksanakan tugas
    • 2.2. Menjalankan sikap jujur dan toleran dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya
    • 2.3. Menjalankan sikap peduli kepada orang lain
  • Kompetensi Inti 3 (Pengetahuan)
    • 3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
  • Kompetensi Dasar
    • 3.1. Memahami arti dan isi kandungan Q.S. al-'Adiyat (100) dan at-Tin (95)
    • 3.2. Menerapkan hokum bacaan mim mati/sukun (idgham mimi, ikhfa' syafawi, dan idhhar syafawi)
    • 3.3. Menganalisis arti dan isi kandungan hadis tentang menyayangi anak yatim riwayat Bukhari Muslim dari Sahl bin Sa'ad: عَنْ سَهْلٍ بْنِ سَعْدٍ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : ” أَنَا وَكَافِلُ الْيَتِيمِ فِي الْجَنَّةِ هَكَذَا ، وَأَشَارَ بِالسَّبَّابَةِ وَالْوُسْطَى وَفَرَّجَ بَيْنَهُمَا شَيْئًا
  • Kompetensi Inti 4 (Keterampilan)
    • 4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
  • Kompetensi Dasar
    • 4.1.1. Mendemonstrasikan hafalan Q.S. al- 'Adiyat (100) dan at-Tin (95)
    • 4.1.2. Mengomunikasikan kandungan Q.S. al-Adiyat (100) dan at-Tin (95)
    • 4.2. Mempraktikkan hokum bacaan mim mati /sukun (idgham mimi, ikhfa' syafawi, dan idhhar syafawi) dalam membaca Al-Qur'an
    • 4.3.1. Mendemonstrasikan hafalan hadis tentang menyayangi anak yatim riwayat Bukhari Muslim dari Sahl bin Sa'ad
    • 4.3.2. Mengomunikasikan isi kandungan hadis tentang menyayangi anak yatim riwayat Bukhari Muslim dari Sahl bin Sa'ad: عَنْ سَهْلٍ بْنِ سَعْدٍ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : ” أَنَا وَكَافِلُ الْيَتِيمِ فِي الْجَنَّةِ هَكَذَا ، وَأَشَارَ بِالسَّبَّابَةِ وَالْوُسْطَى وَفَرَّجَ بَيْنَهُمَا شَيْئًا

Daftar KI dan KD AL Quran Hadis MI Kelas 5 Semester Genap

  • Kompetensi Inti 1 (Sikap Spiritual)
    • 1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
  • Kompetensi Dasar
    • 1.4. Menerima Q.S. al-Humazah (99) dan al-Bayyinah (98) sebagai firman Allah SWT.
    • 1.5. Menerima keutamaan membaca Al-Qur'an dengan cara yang baik dan benar sesuai kaidahkaidah Ilmu Tajwid
    • 1.6. Menerima bahwa sifat munafik merupakan perbuatan yang dibenci Allah SWT. dan Rasul-Nya
  • Kompetensi Inti 2 (Sikap Sosial)
    • 2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
  • Kompetensi Dasar
    • 2.4. Menjalankan sikap santun dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya
    • 2.5. Menjalankan sikap cermat dalam melaksanakan tugas
    • 2.6. Menjalankan sikap jujur dalam kehidupan seharihari
  • Kompetensi Inti 3 (Pengetahuan)
    • 3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
  • Kompetensi Dasar
    • 3.4. Memahami arti dan isi kandungan Q.S. al-Humazah (99) dan al-Bayyinah (98)
    • 3.5. Menerapkan hokum bacaan Waqaf dan Washal
    • 3.6. Memahami arti dan isi kandungan hadis tentang ciri-ciri orang munafik riwayat Bukhari Muslim dari Abu Hurairah: عن أبي هريرة عن النبي صلى الله عليه وسلم قال آيَةُ الْمُنَافِقِ ثَلَاث إِذَا حَدَّثَ كَذَبَ، وَ إِذَا وَعَدَ أَخْلَفَ، وَ إِذَا اؤْتُمِنَ خَانَ
  • Kompetensi Inti 4 (Keterampilan)
    • 4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
  • Kompetensi Dasar
    • 4.4.1. Mengomunikasikan isi kandungan Q.S. al-Humazah (99) dan al-Bayyinah (98),
    • 4.4.2. Menulis ayat-ayat Q.S. al-Humazah (99) dan al-Bayyinah (98)
    • 4.5. Mempraktikkan bacaan Waqaf dan Washal dalam membaca Al-Qur'an
    • 4.6.1. Mendemonstrasikan hafalan hadis tentang ciri-ciri orang munafik
    • 4.6.2. Mengomunikasikan isi kandungan hadis tentang ciri-ciri orang munafik riwayat Bukhari Muslim dari Abu Hurairah: عن أبي هريرة عن النبي صلى الله عليه وسلم قال آيَةُ الْمُنَافِقِ ثَلَاث إِذَا حَدَّثَ كَذَبَ، وَ إِذَا وَعَدَ أَخْلَفَ، وَ إِذَا اؤْتُمِنَ خَانَ

Daftar KI dan KD AL Quran Hadis MI Kelas 6 Semester Gasal

  • Kompetensi Inti 1 (Sikap Spiritual)
    • 1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
  • Kompetensi Dasar
    • 1.1. Menerima Q.S. al-Alaq (96) sebagai firman Allah SWT.
    • 1.2. Menerima Q.S. al-Qadr (97) sebagai firman Allah SWT.
    • 1.3. Menerima keutamaan membaca Al-Qur'an dengan cara yang baik dan benar sesuai kaidah-kaidah Ilmu Tajwid
    • 1.4. Menerima bahwa memberi dan berbagi kepada sesame merupakan perbuatan yang dicintai oleh Allah SWT.
  • Kompetensi Inti 2 (Sikap Sosial)
    • 2.. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
  • Kompetensi Dasar
    • 2.1. Menjalankan sikap disiplin dalam belajar
    • 2.2. Menjalankan sikap percaya diri sebagai seorang mukmin
    • 2.3. Menjalankan sikap tanggungjawab dalam berperilaku
    • 2.4. Menghargai sikap peduli kepada keluarga, teman, guru, dan tetangganya
  • Kompetensi Inti 3 (Pengetahuan)
    • 3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
  • Kompetensi Dasar
    • 3.1. Memahami arti dan isi kandungan Q.S. al-'Alaq (96)
    • 3.2. Menganalisis arti dan isi kandungan Q.S. al-Qadr (97)
    • 3.3. Menerapkan hokum bacaan tafkhim, tarqiq dan jawazul wajhain
    • 3.4. Memahami arti dan isi kandungan hadis tentang keutamaan memberi menurut riwayat Bukhari Muslim dari Abdullah Ibnu Umar: عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ عُمَرَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمَا: أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ الْيَدُ الْعُلْيَا خَيْرٌ مِنْ الْيَدِ السُّفْلَى. فَالْيَدُ الْعُلْيَا هِيَ الْمُنْفِقَةُ، وَالسُّفْلَى هِيَ السَّائِلَةُ
  • Kompetensi Inti 4 (Keterampilan)
    • 4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
  • Kompetensi Dasar
    • 4.1.1. Mendemonstrasikan hafalan Q.S. al-'Alaq (96)
    • 4.1.2. Mengomunikasikan kandungan Q.S. al-'Alaq (96)
    • 4.2.1. Mendemonstrasikan hafalan Q.S. al-Qadr (97)
    • 4.2.2. Mengomunikasikan kandungan Q.S. al-Qadr (97)
    • 4.3. Mempraktikkan hokum bacaan tafkhim, tarqiq dan jawazul wajhain dalam membaca Al-Quran
    • 4.4.1. Mendemonstrasikan hafalan hadis tentang keutamaan memberi
    • 4.4.2. Mengomunikasikan isi kandungan hadis tentang keutamaan memberi riwayat Bukhari Muslim dari Abdullah Ibnu Umar: عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ عُمَرَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمَا: أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ الْيَدُ الْعُلْيَا خَيْرٌ مِنْ الْيَدِ السُّفْلَى. فَالْيَدُ الْعُلْيَا هِيَ الْمُنْفِقَةُ، وَالسُّفْلَى هِيَ السَّائِلَةُ

Daftar KI dan KD AL Quran Hadis MI Kelas 6 Semester Genap

  • Kompetensi Inti 1 (Sikap Spiritual)
    • 1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
  • Kompetensi Dasar
    • 1.5. Menerima Q.S. adl-Dluha (93) sebagai firman Allah SWT.
    • 1.6. Menerima Q.S. al- Insyirah (94) sebagai firman Allah SWT.
    • 1.7. Menerima bahwa amal saleh akan mendekatkan seseorang kepada Allah SWT.
  • Kompetensi Inti 2 (Sikap Sosial)
    • 2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
  • Kompetensi Dasar
    • 2.5. Menghargai sikap tanggungjawab dalam berperilaku
    • 2.6. Menjalankan sikap disiplin dalam menjalankan kewajiban
    • 2.7. Menjalankan sikap peduli kepada keluarga, teman, guru, dan tetangganya
  • Kompetensi Inti 3 (Pengetahuan)
    • 3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
  • Kompetensi Dasar
    • 3.5. Memahami arti dan isi kandungan Q.S. adl-Dluha (93)
    • 3.6. Menganalisis arti dan isi kandungan Q.S. al-Insyirah (94)
    • 3.7. Memahami arti dan isi kandungan hadis tentang amal saleh riwayat Muslim dari Abu Hurairah: عَن ابِى هُرَيرَةَ انّ رَسُولَ الله صَلَ الله عَلَيهُ وَسَلَم, قال اِذَا مَاتَ ابْنُادَمَ اِنْقَطَعَ عَمَلُهُ اِلَّا مِنْ ثَلَاثٍ صَدَقَتٍ جَارِيَةٍ اَوْ عِلْمٍ  يُنْتَفَعُ بِهِ  اَوْ وَلَدٍ صَالِحٍ يَدْعُوْلَهُ
  • Kompetensi Inti 4 (Keterampilan)
    • 4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
  • Kompetensi Dasar
    • 4.5.1. Mendemonstrasikan hafalan Q.S. adl-Dluha (93)
    • 4.5.2. Menyajikan isi kandungan Q.S. adl-Dluha (93)
    • 4.6.1. Mendemonstrasikan hafalan Q.S. al-Insyirah (94)
    • 4.6.2. Mengomunikasikan isi kandungan Q.S. al-Insyirah (94)
    • 4.7.1. Mendemonstrasikan hafalan hadis tentang amal saleh
    • 4.7.2. Mengomunikasikan isi kandungan hadis tentang amal saleh riwayat Muslim dari Abu Hurairah: عَن ابِى هُرَيرَةَ انّ رَسُولَ الله صَلَ الله عَلَيهُ وَسَلَم, قال اِذَا مَاتَ ابْنُادَمَ اِنْقَطَعَ عَمَلُهُ اِلَّا مِنْ ثَلَاثٍ صَدَقَتٍ جَارِيَةٍ اَوْ عِلْمٍ  يُنْتَفَعُ بِهِ  اَوْ وَلَدٍ صَالِحٍ يَدْعُوْلَهُ

Dengan daftar KI dan KD Al Quran Hadis Madrasah Ibtidaiyah sesuai dengan KMA Nomor 183 Tahun 2019 diharapkan dapat memudahkan guru mapel Al Quran Hadis untuk berbagai keperluan. Semisal penyusunan Soal PAS Al Quran Hadis MI dan sebagainya.

Baca Juga:

Jika menginginkan daftar lengkap KI dan KD untuk semua mapel PAI dan Bahasa Arab dalam format file microsoft word, sila ke artikel Daftar KI-KD PAI dan Bahasa Arab MI Sesuai KMA 183 Tahun 2019 (Word).


    from Ayo Madrasah https://ift.tt/3nYVZex
    via IFTTT

    Post a Comment

    أحدث أقدم