Daftar Kompetensi Inti (KI) dan Kompetensi Dasar (KD) mata pelajaran rumpun PAI dan Bahasa Arab, khusus untuk Madrasah Ibtidaiyah (MI) sesuai dengan KMA Nomor 183 Tahun 2019 dalam format microsoft word. Daftar KI dan KD ini meliputi untuk mata pelajaran Al-Quran Hadis, Akidah Akhlak, Fikih, Sejarah Kebudayaan Islam, dan Bahasa Arab untuk Madrasah Ibtidaiyah kelas 1, 2, 3, 4, 5, dan 6.

Dengan mulai diberlakukannya Keputusan Menteri Agama Nomor 183 Tahun 2019 Tentang Kurikulum Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Bahasa Arab Pada Madrasah, maka Kompetensi Inti (KI) dan Kompetensi Dasar (KD) yang digunakan dalam pembelajaran di madrasah mengalami perubahan. Pun termasuk untuk Madrasah Ibtidaiyah.

KI KD PAI MI KMA 183

Kompetensi Inti Madrasah Ibtidaiyah


Kompetensi Inti adalah adalah tingkat kemampuan untuk mencapai Standar Kompetensi Lulusan yang harus dimiliki oleh peserta didik pada setiap tingkat kelas atau program. KI berfungsi sebagai sinkronisasi horisontal berbagai kompetensi dasar antar mapel di kelas yang sama sehingga tetap terjaga. Juga berfungsi sebagai sinkronisasi vertikal berbagai kompetensi dasar pada mata pelajaran yang sama pada kelas yang berbeda.

Mengacu pada Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional Nomor 20 Tahun 2003, Kompetensi Inti menggunakan notasi: 1) KI-1 untuk KI sikap spiritual, 2) KI-2 untuk KI sikap sosial, 3) KI-3 untuk KI pengetahuan (pemahaman konsep), 4) KI-4 untuk KI keterampilan.

Pada jenjang Madrasah Ibtidaiyah, Kompetensi Inti tersebut meliputi:

A. Kompetensi Inti Kelas I MI
  1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
  2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru
  3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di madrasah
  4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B. Kompetensi Inti Kelas II MI
  1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
  2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru
  3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di madrasah
  4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia

C. Kompetensi Inti Kelas III MI
  1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
  2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya
  3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di madrasah.
  4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

D. Kompetensi Inti Kelas IV MI
  1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
  2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya
  3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di madrasah, dan di tempat bermain.
  4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

E. Kompetensi Inti Kelas V MI
  1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
  2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya, serta cinta tanah air.
  3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di madrasah, dan di tempat bermain.
  4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia

F. Kompetensi Inti Kelas VI MI
  1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
  2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya, serta cinta tanah air.
  3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di madrasah, dan di tempat bermain.
  4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

Daftar Kompetensi Inti (KI) beserta Kompetensi Dasar, dalam format microsoft word, setiap mapel rumpun PAI dan Bahasa Arab untuk setiap jenjang kelas MI dapat diunduh di bagian akhir artikel ini.

Kompetensi Dasar PAI dan Bahasa Arab MI


Kompetensi Dasar adalah sikap, pengetahuan, dan keterampilan minimal yang harus dicapai peserta didik guna menunjukkan bahwa siswa telah menguasai standar kompetensi yang telah ditetapkan.

Seiring dengan diberlakukannya KMA Nomor 183 Tahun 2019 Tentang Kurikulum Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Bahasa Arab Pada Madrasah, maka terdapat sejumlah perubahan pada Kompetensi Dasar untuk mata pelajaran Al-Quran Hadis, Akidah Akhlak, Fikih, Sejarah Kebudayaan Islam dan Bahasa Arab.

Kompetensi dasar sebagaimana tertera dalam regulasi sebelumnya, KMA Nomor 165 Tahun 2014 tentang Kurikulum 2013 Mata Pelajaran PAI dan Bahasa Arab di Madrasah tidak lagi berlaku.

Dalam file yang dapat diunduh di akhir artikel ini, tersedia KI dan KD untuk MI yang terdiri atas:
  • KI dan KD Al-Quran Hadis Kelas 1 Madrasah Ibtidaiyah
  • KI dan KD Al-Quran Hadis Kelas 2 Madrasah Ibtidaiyah
  • KI dan KD Al-Quran Hadis Kelas 3 Madrasah Ibtidaiyah
  • KI dan KD Al-Quran Hadis Kelas 4 Madrasah Ibtidaiyah
  • KI dan KD Al-Quran Hadis Kelas 5 Madrasah Ibtidaiyah
  • KI dan KD Al-Quran Hadis Kelas 6 Madrasah Ibtidaiyah
  • KI dan KD Akidah Akhlak Kelas 1 Madrasah Ibtidaiyah
  • KI dan KD Akidah Akhlak Kelas 2 Madrasah Ibtidaiyah
  • KI dan KD Akidah Akhlak Kelas 3 Madrasah Ibtidaiyah
  • KI dan KD Akidah Akhlak Kelas 4 Madrasah Ibtidaiyah
  • KI dan KD Akidah Akhlak Kelas 5 Madrasah Ibtidaiyah
  • KI dan KD Akidah Akhlak Kelas 6 Madrasah Ibtidaiyah
  • KI dan KD Fikih Kelas 1 Madrasah Ibtidaiyah
  • KI dan KD Fikih Kelas 2 Madrasah Ibtidaiyah
  • KI dan KD Fikih Kelas 3 Madrasah Ibtidaiyah
  • KI dan KD Fikih Kelas 4 Madrasah Ibtidaiyah
  • KI dan KD Fikih Kelas 5 Madrasah Ibtidaiyah
  • KI dan KD Fikih Kelas 6 Madrasah Ibtidaiyah
  • KI dan KD Sejarah Kebudayaan Islam Kelas 3 Madrasah Ibtidaiyah
  • KI dan KD Sejarah Kebudayaan Islam Kelas 4 Madrasah Ibtidaiyah
  • KI dan KD Sejarah Kebudayaan Islam Kelas 5 Madrasah Ibtidaiyah
  • KI dan KD Sejarah Kebudayaan Islam Kelas 6 Madrasah Ibtidaiyah
  • KI dan KD Bahasa Arab Kelas 1 Madrasah Ibtidaiyah
  • KI dan KD Bahasa Arab Kelas 2 Madrasah Ibtidaiyah
  • KI dan KD Bahasa Arab Kelas 3 Madrasah Ibtidaiyah
  • KI dan KD Bahasa Arab Kelas 4 Madrasah Ibtidaiyah
  • KI dan KD Bahasa Arab Kelas 5 Madrasah Ibtidaiyah
  • KI dan KD Bahasa Arab Kelas 6 Madrasah Ibtidaiyah

Unduh KI dan KD PAI dan Bahasa Arab MI


Memenuhi permintaan para pembaca, blog Ayo Madrasah menyediakan file daftar Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar mata pelajaran rumpun PAI dan Bahasa Arab, jenjang Madrasah Ibtidaiyah, dalam format microsoft word.

Tersedianya file microsoft word ini tentu akan memudahkan para guru PAI dan Bahasa Arab di Madrasah Ibtidaiyah dalam menggunakan KI dan KD tersebut dalam berbagai kebutuhan. Semisal dalam penyusunan RPP, materi ajar dan pendukung, lembar kerja, hingga penyusunan kisi-kisi soal penilaian harian, penilaian akhir semester dan akhir tahun.

Adapun file KI dan KD mata pelajaran Al-Quran Hadis, Akidah Akhlak, Fikih, Sejarah Kebudayaan Islam dan Bahasa Arab berdasar KMA Nomor 183 Tahun 2019 dapat diunduh melalui LINK INI.

Disclaimer: Khusus KI-KD Bahasa Arab masih dalam format PDF, nanti setelah rampung kami edit, akan kami perbaharui.

Pemberlakukan KMA Nomor 183 Tahun 2019 ini kembali ditegaskan melalui Surat Edaran Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Nomor B-1264/DJ.I/Dt.I.I/PP.00/07/2020 tertanggal 10 Juli 2020. Dimana pada poin kedua surat tersebut disebutkan, Pengelolaan pembelajaran pada MI, MTs dan MA berpedoman pada Keputusan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 183 Tahun 2019 tentang Kurikulum Pendidikan Agama Islam dan Bahasa Arab di Madrasah dan Keputusan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 184 Tahun 2019 tentang Pedoman Implementasi Kurikulum pada Madrasah, secara serentak pada semua tingkatan kelas mulai Tahun Pelajaran 2020/2021. Sehingga tidak ada lagi madrasah yang masih menggunakan Kurikulum 2006.

Akhirnya, semoga daftar KI dan KD mapel PAI dan Bahasa Arab dalam format microsoft word ini bermanfaat.

from Ayo Madrasah https://ift.tt/3fh7Rod
via IFTTT

Post a Comment

أحدث أقدم